Kuku-Kuku Manja Milik Kita

Pernahkan Kamu melakukan manicure dan pedicure ke Salon atau melakukannya di rumah. Perawatan ini dilakukan untuk merawat kuku tangan dan kaki Kita. Kuku merupakan tambahan dari kulit, dan merupakan lempeng tanduk yang berfungsi melindungi ujung-ujung jari tangan dan kaki. Kuku yang sehat ditandai dengan kuku yang kuat, kenyal, berwarna kemerahan, permukaan licin, bentuk melengkung, dan bersih (tidak ada lubang atau ombak dibagian tepinya).

Kali ini Penulis mengajak Kalian untuk mengetahui kelainan dan penyakit dari kuku. Hal ini dikarenakan belum banyak orang yang mengetahui macam-macam dari kelainan atau penyakit kuku tersebut.

Kelaianan yang biasa terjadi pada kuku adalah :

  1. Brite nail, yaitu lempeng kuku yang rapuh dan mudah patah, akibat dari kekurangan zat besi dan penggunaan detergent.
  2. Leuconychia, adalah gelembung udara yang ada di dalam kuku atau kelainan pada metrics kuku paska trauma sehingga mengakibatkan kuku berwarna putih titik-titik atau garis-garis atau seluruh kuku memutih.
  3. Onycholysis, terlepasnya lempeng kuku akibat penyakit atau tumbuhan (jamur) yang mendesak lempeng kuku ke atas.
  4. Onychorrhesis, yaitu terbelahnya lempeng kuku, hal ini disebabkan oleh bahan soda (detergent), cat kuku dan penghapus cat kuku.
  5. Beau’satin line, terdapatnya lekukan melintang (transversal) pada kuku dan berkaitan dengan penyakit dalam.
  6. Engshell nail, adalah penipisan kuku, dan melengkung pada ujung kuku lepas. Hal ini umumnya terjadi pada usia lanjut atau penderita anemia.
  7. Hang nail, merupakan pelepasan sisi kuku yang diakibatkan adanya luka akar kuku, atau kebiasaan menggigit kuku.

Selanjutnya adalah penyakit kuku. Poin (2) sering terjadi pada Kita. Apa saja penyakitnya, berikut gambar dan ulasannya :

  1. Onychia, merupakan peradangan kuku dan matriks (biasanya terdapat nanah), serta kuku akan menjadi buram juga tidak ratanya permukaan kuku.
  2. Paronychia, yaitu cantengan, suatu peradangan jaringan sekitar kuku yang terjadi akibat kuman dan bakteri pembentuk nanah.
  3. Onychomycosis, adalah kurap, penyakit akibat jamur ini terdapat pada kulit dibawah ujung kuku lepas. Tanda dan gejalanya adalah warna merah melingkar dan terasa gatal

Bagaimana, pernah mengalami salah satu dari penjabaran diatas?. Jikalau pernah mengalami dan tidak ingin mengalaminya kembali, maka ada baiknya jika kita menjaga kebersihan kuku dengan memotongnya secara rutin, tidak memotong terlalu pendek dan sesuai bentuk kuku, serta tidak menggunakan bahan yang bisa merusak kuku (tidak menggunakan bahan perusak secara berlebihan).

3 komentar untuk “Kuku-Kuku Manja Milik Kita”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top