MENYAPIH DENGAN PENUH CINTA

Sekarang ini Bunda cerdas selalu ingin memberikan yang terbaik untuk buah hatinya. Salah satunya dengan memberikan ASI secara eksklusif. ASI merupakan makanan bayi yang paling sempurna, mudah dicerna dan diserap karena mengandung enzim pencernaan, dapat mencegah terjadinya penyakit infeksi karena mengandung zat penangkal penyakit. Kita dianjurkan memberikan ASI selama dua tahun.

Bunda, jika buah hati kita sudah berumur dua tahun, namun si kecil belum menunjukkan keinginan untuk berhenti menyusu, lantas apa yang bunda lakukan?. Apakah Bunda melakukan cara-cara yang dilakukan orang tua Kita dulu?. Ataukah Bunda mulai mencari referensi terbaru tentang cara menyapih.

Menyapih merupakan proses berhentinya masa menyusui secara berangsur angsur atau sekaligus. Proses itu dapat disebabkan oleh si anak itu sendiri untuk berhenti menyusu, atau bisa juga dari sang ibu untuk berhenti menyusui anaknya. Atau dari keduanya dengan berbagai alasan.

Menyapih bukan hanya tugas seorang Ibu. Orang tua wajib berperan bersama dalam menyiapkan kesiapan si kecil disapih. Terdapat banyak teknik dalam menyapih anak, salah satunya adalah Weaning With Love (WWL). WWL merupakan teknik menyapih yang dilaksanakan dengan cara yang halus, lembut, bertahap, fleksibel, penuh kesabaran, dan penghargaan (kepada si kecil), serta dengan mempertimbangkan kesiapan si kecil. Disini tidak terdapat cara “membohongi anak”. Contoh cara membohongi adalah mengoleskan jamu pahit atau obat merah pada puting, dengan tujuan agar anak tidak mau menyusu lagi.

Bunda, Anda ditantang untuk memiliki waktu dan kesabaran tinggi dalam mengajari si kecil kebiasaan baru tidak menyusu, serta kemampuan mengantisipasi permintaan menyusu dari si kecil. Bunda bisa memberikan rutinitas dan kreasi baru dan menyenangkan untuk mengalihkan perhatian si kecil, seperti membaca buku sebelum tidur.

Bunda, si kecil menyusu karena kebiasaaan dan kebutuhan (haus). Oleh sebab itu, ketika si kecil mulai disapih, Kita harus mengimbangi dengan menawarkan banyak minuman yang menarik dan sehat kepadanya. Bunda juga bisa menawarkan makanan tinggi protein, dengan tujuan agar si kecil tetap terjaga nutrisinya ketika sudah tidak diberi ASI.

Bunda, si kecil juga bisa memberikan tanda bahwa dia sudah siap disapi loh.. Berikut adalah tanda-tandanya :

  1. Usia si kecil lebih dari satu tahun menuju dua tahun
  2. Si kecil sudah bisa mengkonsumsi makanan yang beragam (MP-ASI)
  3. Si kecil bisa menerima alasan tidak lagi menyusu
  4. Si kecil hanya menunjukkan sedikit kecemasannya ketika diminta untuk tidak menyusu

 

Penulis : Citra Denali, S.KM, M.Kes.

Sumber :

dr. Almarisa Ajeng Prameswara. Klinik Vaksin Raisha. 2018.

dr. Shelly Juliana Awwaline. RSU Queen Latifa. 2018.

Mega Dewana. Menyapih dengan Cinta (Weaning With Love (WWL)). Shalihah Motherhood. 2017.

5 komentar untuk “MENYAPIH DENGAN PENUH CINTA”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top