Menars & Gangguan Menstruasi

Girls

Hei Girls, kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan kata “menstruasi”. Apakah kamu termasuk golongan yang lambat mendapatkan menstruasi pertama, atau kamu termasuk dengan siklus mesntruasi yang tidak teratur. Serumit itukah “mesntruasi”?

Menstruasi pertama atau dikenal dengan istilah menars merupakan salah satu tanda pubertas pada perempuan. Menstruasi ialah proses keluarnya darah dan jaringan yang sehat dari rahim yang kemudian mengalir keluar dari tubuh melalui vagina. Umumnya, periode menstruasi akan terjadi secara berkala dan dipengaruhi oleh hormon.

Selama menstruasi, hormon reproduksi perempuan akan mengalami peningkatan. Hal ini dikarenakan organ reprosuksi perempuan siap untuk mengalami kehamilan. Setelah hormon meningkat, maka sel telur pada ovarium akan terlepas dan dinding rahim akan menebal. Girls harus tahu, ketika sel telur tidak dibuahi, maka sel telur yang diserap tubuh dan dinding rahim yang telah menebal tersebut akan luruh, yang kemudian mengalir keluar bercampur dengan darah. Proses keluarnya darah dari vagina inilah yang dinamakan menstruasi.

Girls, pada saat kita menstruasi, kita harus menjaga kebersihan organ kelamin kita. Selama menstruasi, daerah kewanitaan menjadi sangat lembab. Oleh sebab itu, ketika kita buang air besar atau kecil, atau saat mandi, atau saat mengganti pembalut, maka basuhlan daerah kewanitaan tersebut menggunakan air bersih. Membasuhnya pun harus benar ya girls, yaitu basuh dari depan (vagina) ke arah belakang (anus). Hal ini bertujuan agar tidak ada bakteri disekitar anus yang terbawa ke arah vagina. Satu hal lagi yang tidak kalah pentingnya, yaitu sebelum kita menggunakan celana, kita harus memastikan daerah kemaluan kita kering (gunakan handuk bersih atau tisu tanpa parfum untuk mengeringkan area kemaluan).

Penggantian pembalut juga harus kita perhatikan. Penggunaan pembalut yang paling aman adalah selama 6 hingga 8 jam. Namun untuk teman-teman yang sering berkeringat, maka gantilah setiap 3 jam sekali. Kita juga harus pintar memilih pembalut yang nyaman, aman, dan jangan sampai menimbulkan iritasi pada kulit (biasanya ditandai oleh gatal kulit di area pembalut).

pembalut

Celana dalam yang dianjurkan digunakan selama menstruasi adalah berbahan katun. Hal ini dikarenakan agar mengurangi lembab yang berlebihan selama menstruasi. Hindari atau batasi penggunaan celana dalam dan luar yang terlalu ketat. Selama menstruasi, kita tidak diperkenankan menggunakan sabun pembersih vagina ya girls.

Berapa lama kita menstruasi? tiga hari? atau tujuh hari?. Lama menstruasi merupakan jarak keluarnya menstruasi pada hari pertama hingga berhenti. Lama menstruasi yang kita alami dengan perempuan lain bisa jadi berbeda. Normalnya, menstruasi terjadi dalam kurun waktu tiga hari hingga tujuh hari.

Menstruasi juga bisa mengalami masalah loh girls. Umumnya, terdapat tiga gangguan menstruasi, yaitu :

  1. Terlambat menstruasi (Amenorea). Keadaan ini bukan merupakan gangguan jika diterapkan oleh perempuan yang sedang hamil dan menyusui. Dikatakan gangguan jika seorang remaja perempuan dengan umur 14 atau 16 tahun tidak mengalami menars. Hal yang mendasari terlambatnya menstruasi pertama ini biasanya dikarenakan kelainan anatomi pada organ reproduksi perempuan baik dari lahir atau setelah remaja. Selain itu, kita yang sudah mengalami siklus menstruasi berulang, namun tiba-tiba mengalami terlambat menstruasi biasanya dikarenakan stres, olahraga yang berlebihan, ketidakseimbangan hormon, dan berat badan lebih atau kurang atau pengaruh dari perilaku diit.
  2. Nyeri saat menstruasi (Dismenorea), ditandai oleh kram berat pada bagian perut, dan terkadang ada juga yang sampai mengalami nyeri panggul dengan disertai timbulnya beberapa penyakit yang menyertai. Dismenorea terjadi karena hormon prostaglandin yang berfungsi sebagai pengontrol kontraksi rahim ini meningkat sesat sebelum menstruasi dimulai. Saat Dismenorea, kita diperbolehkan mengkonsumsi obat pereda nyeri (diminum 6-8 jam perhari). Olahraga ringan juga mampu meredakan nyeri saat menstruasi. Saran lain adalah menaruh bantal pemanas di bagian perut atau punggung bagian bawah atau area yang dirasa nyeri.
  3. Menstruasi banyak (Heavy Menstrual Bleeding (HMB). HMB digambarkan sebagai kondisi menstruasi yang lama dan banyak. Gejala dari HMB antara lain menstruasi lebih dari tujuh hari dan pendarahan lebih dari 80 mL, keluar bekuan darah dengan diameter lebih dari 1 inchi (2,5 cm), serta mengganti pembalut setiap 1-2 jam. Girls, jika kamu mengalami HMB sampai terasa lemas dan berkunang-kunang, maka kamu dianjurkan untuk berkonsultasi masalah ini kepada dokter.

hmb

Artikel ini bersumber dari http://citradenali.info/2020/12/13/fakta-fakta-menstruasi-remaja/

7 komentar untuk “Menars & Gangguan Menstruasi”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top